jump to navigation

National Traffic Management Center (NTMC) bagian dari SIMTEKPOL January 5, 2012

Posted by wijasena in Teknologi Informasi.
trackback

Perkembangan Teknologi Informasi yang sedemikian pesat telah memberikan manfaat dalam berbagai sendi kehidupan, hal ini menuntut  Polri untuk mengikuti dan berinovasi dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian. Dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang paling menonjol adalah telah dibangunnya  National Traffic Management Center (NTMC).

Traffic Management Center (TMC), Regional Traffic Management Center (RTMC) di wilayah Provinsi atau National Traffic Management Center (NTMC) pada level Nasional, pada dasarnya merupakan pusat komando pengendali lalu lintas. Operation Room atau dengan sebutan berbeda, seperti Call and Command Center, Traffic Control Center dan lain sebagainya yang mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai pusat K3I (Komunikasi, Koordinasi, Kendalin Operasi serta Informasi Terpadu). Begitu juga Traffic Management Center (TMC) terdapat dua fungsi lain yang ditambahkan pada NTMC, yaitu pelayanan masyarakat dan rekam jejak elektronik untuk penegakan hukum.

NTMC merupakan pusat kendali informasi dan komunikasi yang mengintegrasikan sistem informasi di ke lima pemangku kepentingan bidang lalu lintas (Polri, Kementerian Pekerjaan Umum, Perhubungan, Perindustrian, dan Riset Teknologi). Sebagaimana ditegaskan pada pasal 247 ayat 3 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Korps Lalu Lintas Polri adalah Pembina, Pengelola dan Penanggung jawab dari Pusat Kendali Sistem Informasi dan Komunikasi, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan secara Nasional.

Bangunan jaringan Pusat Kendali Sistem Informasi dan Komunikasi Lalu lintas dan angkutan jalan mengikuti bentuk bangunan jaringan struktur organisasi Polri, yaitu 1 (satu) unit NTMC pada Korlantas Polri, 31 (tiga puluh satu) unit RTMC pada tingkat Polda dan 445 (empat ratus empat puluh lima) TMC pada tingkat Polres.

Pada dasarnya pusat kegiatan K3-I bertumpu pada TMC yang ada di masing-masing Polres. Untuk kegiatan yang sifatnya menonjol, lingkup provinsi atau lintas Polres, secara selektif akan menjadi domain kerja RTMC. Sedangkan domain kerja NTMC adalah K3-I yang menonjol dan bersifat nasional, serta lingkup pengendalian operasional lebih dari 2 (dua) Polda.

Kegiatan NTMC sebagai Pusat Kendali Sistem Informasi dan Komunikasi Lalu Lintas dan angkutan jalan, menurut pasal 249 (e) UU No. 22 Tahun 2009, sekurang-kurangnya meliputi:

  1. Pelayanan kebutuhan data, informasi, dan komunikasi tentang lalu lintas dan angkutan jalan;
  2. Dukungan tindakan cepat terhdap pelanggaran, kemacetan, dam kecelakaan serta kejadian lain yang berdampak terhadap lalu lintas dan angkutan jalan;
  3. Analisis, evaluasi terhadap pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas;
  4. Dukungan penegakan hukum dengan alat elektronik dan secara langsung;
  5. Dukungan pelayanan Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor;
  6. Pemberian informasi hilang temu kendaraan bermotor;
  7. Pemberian informasi kualitas baku mutu udara;
  8. Dukungan pengendalian lalu lintas dengan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli;
  9. Dukungan pengendalian pergerakan lalu lintas dan angkutan jalan; dan
  10. Pemberian informasi tentang kondisi jalan dan pelayanan publik.

Sedang NTCM Polri sendiri adalah merupakan bagian atau subsistem dari Sistem Manajemen Teknologi Kepolisian (SIMTEKPOL). Seluruh informasi aktual tentang lalu lintas yang merupakan output dari NTMC dikumpulkan, diolah, dan disampaikan kepada pihak yang berkepentingan dan dikoordinasikan sebagai bahan kendali penanganan masalah.

Kehadiran NTMC merupakan salah satu wujud Reformasi Birokrasi Polri dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang memungkinkan personel Polantas dapat bekerja secara transparan, cepat dan akurat dalam merespons (quick respon) setiap permasalah yang ada di lapangan. NTCM merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaca mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas.

Untuk mendukung sistem informasi NTCM telah dipasang kamera CCTV di selumlah lokasi di Pulau Jawa, Sumater dan Bali yang seluruhnya telah terintegrasi oleh NTMC Polri. Kamera pemantau itu antara lain tersebbar di berbagai titik rawan macet dan gangguan keamanan dan aktif termonitor selama 24 jam.

Untuk kepentingan kendali operasi, NTMC di Korps Lalu lintas Polri juga dilengkapi dengan teknologi informasi berbasis geografis/ Geographic Information System (GIS) yang mampu menampilkan data secara akurat sesuai kondisi per wilayah. Selain itu operasional NTMC didukung dengan teknologi, seperti CCTV, CIS, GPS, Internet, Database online, SMS, Faximile, Telepon, HT, Layar monitor dan berbagai program komputer agar dari NTMC kegiatan K3-I dapat diimplementasikan secara optimal, yaitu terjadinya quick respontime (kecepatan pengamanan, pelayanan masyarakat).

Kontak NTMC Polri:

  • Telepon   : 021-7948437
  • SMS           : 021-500669
  • Hotline    : 9119
  • Website   : http://www.lantas.polri.go.id
  • twitter     : @ntmckorlantaspolri
  • facebook: ntmckorlantaspolri

Sumber:

http://www.fakhrial-trafficinfo.com/2010/11/jembatan-teknologi-polri-masyarakat.html

dll.

Comments»

1. darwanto - March 22, 2012

Jaringan yang sampai pelosok d tambah lagi… Maju terus polri ku…….

wijasena - April 4, 2012

Iya, optimalisasi penggelaran jaringan sampai tingkat Polsek. Sehingga pelayanan Polri semakin Prima

2. Puspita - April 12, 2012

Selamat pagi, saya berniat membuat artikel mengenai NTMC untuk di muat di futuregov.asia, siapa yang bisa saya kontak? terima kasih

wijasena - April 12, 2012

Mbak Puspita, Untuk CPnya Sudah saya kirim via email ya

3. Traffic Information Centre - May 13, 2012

wah polri makin keren aja ya

4. informasi lalu lintas - May 13, 2012

macet memang menjadi sesuatu yg membosankan

wijasena - May 15, 2012

jakarta sebelah mana yg nggak pernah macett?? hehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: